Sabtu, 18 September 2021

Taman Langit Pangalengan, Tempat Melihat Keindahan Hamparan Kebun Teh Dengan View 360 Derajat

Taman Langit Pangalengan, Tempat Melihat Keindahan Hamparan Kebun Teh Dengan View 360 Derajat

Taman Langit Pangalengan
- Berkunjung ke daerah pegunungan merupakan salah satu pilihan tujuan wisata yang sering dilakukan oleh para traveler terutama yang tinggalnya di daerah perkotaan. Karena suasana pegunungan yang sejuk dan segar dapat mengobati stres dan penat dari aktifitas sehari-hari. Salah satu destinasi wisata alam pegunungan yang sedang hits belakangan ini adalah Taman Langit Pangalengan (Sunrise Point & Camping Ground). Sebuah tempat wisata yang menyajikan pemandangan hijau hamparan kebun teh dari puncak bukit dengan sudut pandang 360 derajat. 

Daya Tarik Taman Langit Pangalengan

Tempat Wisata di pangalengan ini menawarkan sensasi seperti berada di atas awan. Dengan pemandangan kebun teh terhampar luas sejauh mata memandang dan beberapa spot foto menarik, menjadikan tempat ini salah satu tempat yang wajib dikunjungi di daerah Pangalengan. Jika berkunjung, gunakan jaket yang cukup tebal karena ketika dipuncak cuacanya sangat dingin dan berangin. Gunakan juga sepatu karena meskipun kendaraan bisa masuk tapi tidak sampai puncak kecuali jika kamu membawa motor. Dari parkiran kamu harus melewati jembatan kayu yang menanjak ke atas dengan jarak kurang lebih 100 meter. Jadi persiapkan fisik juga ya guys. 

Tiket Masuk Taman Langit Pangalengan

Untuk kamu yang ingin berkunjung, berikut ini daftar harga Taman Langit Pangalengan:

  • Tiket masuk orang dewasa Rp 10.000 per orang 
  • Tiket masuk anak-anak berusia 7-12 tahun Rp 5.000 per anak 
  • Tiket camping, termasuk tiket masuk Rp 35.000 per orang untuk satu malam Tiket parkir motor (non camping), Rp 5.000 per unit 
  • Tiket parkir motor (camping), Rp 10.000 per malam 
  • Tiket parkir mobil (non camping) Rp 10.000 
  • Tiket parkir mobil (camping) Rp 20.000 per malam

Fasilitas di Taman Langit Pangalengan

Fasilitas umum

Fasilitas di tempat ini pun terbilang lengkap karena terdiri dari:
  • area parkir,
  • musala,
  • toilet,
  • spot selfie,
  • warung, dan
  • spot camping.

Fasilitas Penginapan

Jika tiba-tiba merasa lapar, jangan khawatir karena Bandung memiliki banyak pedagang yang menjual berbagai makanan khas, mulai dari camilan, kuliner tradisional, hingga aneka minuman yang dapat menghangatkan. 

Harga makanan dan minuman tersebut juga cukup terjangkau, hanya sekitar Rp5 ribu hingga Rp15 ribu per porsi. Dengan biaya yang terjangkau, Anda dapat merasa kenyang dan menikmati pemandangan yang ada.

Fasilitas Camping

Paket kamping eksklusif yang ditawarkan oleh Taman Langit Pengalengan memiliki area tersendiri yang terpisah dari paket kamping reguler. Tempatnya terletak di atas dermaga khusus yang dibuat dari papan kayu.

Camping Medium Rp550 ribu per hari

Paket Camping Medium berlaku untuk empat orang, dengan fasilitas yakni
  • tiket masuk kamping,
  • tenda quechua arpenaz,
  • sleeping bag,
  • extra bed,
  • lampu penerangan,
  • terminal listrik, dan
  • kayu bakar.
Private Camping Rp700 ribu per hari

Paket Private Camping berlaku untuk empat orang, dengan fasilitas yakni
  • tiket masuk camping,
  • tenda quechua arpenaz,
  • sleeping bag,
  • extra bed,
  • lampu penerangan,
  • terminal listrik,
  • air mineral,
  • kayu bakar, dan
  • toilet private

Lokasi Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan lokasinya berdekatan dengan sunrise point cukul, tepatnya di Kp. Puncak Mulya Jl. Cukul Sukaluyu Kec. Pangalengan Kab. Bandung. Akses dari jalan cukul sudah beraspal dan ketika belok untuk masuk ke lokasi jalannya berbatu (kondisi akhir agustus 2021) dan hanya bisa dilalui oleh 1 kendaraan roda empat, tidak bisa untuk berpapasan. Disini harus berhati-hati dan fokus karena medannya agak sulit. Bagi pengguna kendaraan roda dua akan lebih mudah melewati jalan ini.

 Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari tempat wisata Taman Langit Pangelengan

Taman Langit Pangalengan, Tempat Melihat Keindahan Hamparan Kebun Teh Dengan View 360 Derajat

Kelebihan :

1. Lokasi dapat ditemukan dengan mudah di google map, sekitar kurang lebih 7 km lagi dari situ cileunca.

2. Jalan menuju lokasi cukup baik, tapi menjelang mendekati lokasi tempat wisata jalanan berbatu dan sempit, jadi siapkan kendaraan dan ban dalam kondisi prima karena jika sedang musim hujan jalannya menjadi licin. Walau sebenarnya jalan masuk kedalam hanya cukup untuk satu mobil, tapi ada petugas yang berkoordinasi di pintu depan dan parkiran dalam, mereka akan memberitahu kapan ada kendaraan bisa masuk atau keluar, jadi seperti sistem buka tutup.

Mobil hanya bisa masuk sampai parkiran dalam. Tempat parkirnya tidak terlalu luas dan untuk motor bisa sampai atas, tapi melewati jalan berbatu yang sempit. Menjelang puncak jalanan sudah di beton tapi jika musim hujan jalanannya licin. Jadi berhati-hati ya guys. Jika kondisi motornya tidak terlalu prima, lebih baik parkir dibawah saja dan ambil track jalan. Lebih aman karena aku sempat melihat beberapa motor jatuh ke samping karena tidak kuat menanjak ditambah jalanan yang licin. Bagi yang tidak kuat jalan, ada beberapa tukang ojek yang menawarkan ojek sampai ke atas dengan biaya seikhlasnya.

3. Harga tiket Rp 10.000/orang (diluar biaya parkir), harga yang masih sangat terjangkau. Untuk dilokasi terdapat warung yang menyediakan snack , teh atau kopi panas serta mie instan. Harga-harganya masih terjangkau, waktu itu aku memesan mie rebus + telur kurang lebih Rp.6.000, Mie Instan Kemasan sekitar Rp.8.000 an. Sempat aku berpikir harganya akan mahal-mahal karena warung ini berada di puncak tapi ternyata masih terjangkau harga-harganya.

4. Untuk toilet tersedia, cukup banyak dan kondisinya cukup bersih.

5. Dipuncak ini juga disediakan beberapa spot untuk camping ground, untuk harga berkamping disana dengan membawa tenda sendiri kalau tidak salah dikenakan biaya Rp 35.000.

6. Pemandangan di atas sangat indah, terdapat dua spot foto berbentuk panggung di ujung puncak untuk tempat berfoto dengan efek kabut dipagi hari yang cukup tebal memberi efek diatas awan yang indah. Sangat instagramable, saat menjelang siang kabut akan perlahan-lahan menghilang dari sana dan pemadangan pangalengan dengan kebun teh & danaunya yang besar terlihat sangat cantik dari atas. Menjadikan perjalanan yang cukup melelahkan dari bawah sangat sepadan dengan pemandangan yang diberikan. Selain dua spot tersebut, disediakan juga tempat-tempat duduk dari kayu untuk tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar.

Kekurangan :

1. Jalanan menuju lokasi masih berbatu, sempit dan licin jika musim hujan.

2. Tempat parkir tidak luas, terutama untuk mobil. Tapi koordinasi yang baik oleh petugas lapangan bisa memungkinkan mobil parkir dan keluar masuk ke lokasi tempat wisata.

3. Masih terdapat sampah yang bertebaran ulah pengunjung yang jorok dan malas, sangat disayangkan.

4. Protokol kesehatan tidak terlalu terjaga dengan baik. Pengunjung memang diwajibkan menggunakan masker, tapi sepanjang jalan banyak yang tidak menggunakan maskernya dengan baik karena jalanan menanjak ke atas jadi sulit menggunakan masker dengan nafas yang terengah-engah ditambah jalanan yang sempit juga sulit untuk bisa menghindar dari orang-orang yanang berlalu-lalang. Jadi jika ingin ke tempat wisata ini dengan kondisi covid saat ini aku sarankan ambil waktu pagi sekali atau ambil hari biasa.

5. Tempat wisata ini tidak terlalu berorientasi keluarga, karena medan yang agak terjal dan cuaca yang dingin dan berangin serta ketika diatas tidak ada tempat bermain untuk anak-anak.

Itulah pembahasan tentang Taman Langit Pangalengan. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari info tentang tempat wisata ini.



Related Posts