Senin, 20 September 2021

Wisata Alam Wayang Windu Panenjoan, Keindahan Bukit Kebun Teh Dari Ketinggian 1800 Mdpl

Wisata Alam Wayang Windu Panenjoan, Keindahan Bukit Kebun Teh Dari Ketinggian 1800 Mdpl

Wayang Windu Panenjoan
- Pangalengan, adalah sebuah kota kecil di selatan kota bandung yang sedang saya tinggali saat ini. Semenjak pandemi covid melanda negeri tercinta kita, saya akhirnya harus berhenti dari pekerjaan di jakarta dan hijrah ke kota ini. Terhitung sudah lebih dari satu tahun saya menetap disini. Disini, ternyata banyak sekali tempat wisata yang semakin hari semakin ramai oleh pengunjung karena semakin viralnya di sosial media terutama di instagram. Sebut saja tempat wisata di pangalengan seperti cukul, situ cileunca dan hutan pinus rahong, pasti selalu ramai di setiap hari libur dan akhir pekan. Termasuk di tempat wisata yang akan saya ulas di artikel ini yaitu Wayang Windu Panenjoan. 

Lokasi Wayang Windu Panenjoan

Tempat wisata Wayang Windu Panenjoan berada di perkebunan teh Kertamanah yang dikelola oleh warga sekitar. Beralamat di Desa Banjarsari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Letaknya berada di lereng gunung wayang dan windu menjadikan tempat wisata ini memiliki udara yang sangat sejuk dan menyegarkan. Sangat pas buat anda yang tinggal di perkotaan dan ingin merefresh pikiran. Di dekat wisata ini terdapat hutan pinus dan perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi yang bernama Star Energy Wayang Windu.

Daya Tarik Wayang Windu Panenjoan

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah hamparan kebun teh Kertamanah yang sangat luas sejauh mata memandang. Dengan ketinggian 1800 meter diatas permukaan laut, suhu udara saat pagi hari di tempat wisata ini bisa mencapai 13 derajat celcius. Disini juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu jadikan kegiatan selama berlibur di tempat ini diantaranya :

1. Bersepeda di Wayang Windu Bike Park

Bagi para penggemar olahraga gowes(bersepeda). Bisa mencoba bersepeda di tempat ini. Dijamin sensasinya akan berbeda jika kita bersepeda di tempat lain. Menikmati keindahan alam kebun teh sembari bersepeda akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa. 

2. Adventure dengan ATV

Wisata Alam Wayang Windu Panenjoan, Keindahan Bukit Kebun Teh Dari Ketinggian 1800 Mdpl
Di tempat wisata ini juga tersedia wahana ATV yang bisa kamu coba. Kamu bisa menjajal trek offroad yang menantang dan seru. Jika kamu berkunjung ke tempat ini, jangan lewatkan untuk mencoba wahana yang satu ini ya. 

3. Camping Area

Kamu juga bisa menginap disini dengan membawa peralatan camping. Menikmati malam di tengah kebun teh bertabur bintang jika cuaca cerah akan membuat pikiran dan hati menjadi tentram. Jika kamu tidak mau repot membawa perlengkapan camping, pengelola tempat wisata ini juga menyediakan penyewaan alat camping. 

4. Spot Foto

Terdapat banyak spot foto yang menawan dan instagramable. Kamu bisa berfoto di gardu pandang, jembatan kayu dan juga di tengah kebun teh. 

5. Momen Sunset di Wayang Windu Panenjoan

Wisata Alam Wayang Windu Panenjoan, Keindahan Bukit Kebun Teh Dari Ketinggian 1800 Mdpl
Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah momen sunset-nya yang sangat mempesona. Tidak kalah dengan spot-spot sunset di tempat lain.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Tempat wisata Wayang Windu Panenjoan buka setiap hari mulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Tetapi jika ada pengunjung yang ingin datang atau camping di malam hari, pengelola bisa melayani pengunjung 24 jam. Dengan syarat pengunjung harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola melalui akun instagram @wwp1800skypark. 

Untuk harga tiket masuknya masih sangat murah yaitu sebesar 10.000 rupiah per orang dan biaya parkir 3.000 rupiah untuk sepeda motor, 5.000 rupiah untuk mobil.

Fasilitas Wayang Windu Panenjoan

Wisata Alam Wayang Windu Panenjoan, Keindahan Bukit Kebun Teh Dari Ketinggian 1800 Mdpl
Fasilitas di tempat ini sudah cukup lengkap, jadi kamu tidak perlu khawatir jika berkunjung ke wayang windu panenjoan. Berikut ini fasilitas yang ada di tempat wisata ini :

  • warung makan
  • toilet umum
  • mushollah
  • trek sepeda
  • trek ATV
  • area parkir

Itulah seputar informasi tentang tempat wisata Wayang Windu yang bisa aku bagikan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat ya. 


Related Posts