Pesona Alam Gunung Tangkuban Perahu Wisata Lembang

Daftar Isi


Wisata Lembang

Gunung Tangkuban Perahu terkenal karena legendanya. Sekarang, Gunung Tangkuban Perahu dijadikan sebagai salah satu objek wisata alam di Jawa Barat.

Gunung ini merupakan satu dari gunung berapi aktif yang ada di Indonesia. Dinamakan sebagai Gunung Tangkuban Perahu karena bentuknya yang menyerupai perahu terbalik. Dan juga, gunung ini dikaitkan dengan cerita rakyat Sangkuriang.

Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Gunung TangkubanPerahu memiliki daya tarik tersendiri. Kalau kamu datang ke sini, kamu akan melihat pemandangan indah sebuah gunung yang dikelilingi hamparan perkebunan teh. Tak hanya itu, deretan pohon pinus yang rimbun juga menghiasi gunung yang terletak di Utara Bandung ini.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.084 meter. Merupakan jenis gunung stratovolcanic dengan usia bebatuan tertua, sekitar 90.000 tahun. Gunung eksotis ini terakhir kal imeletus pada tahun 2015 yang lalu.

Tiga Kawah

Tak heran kalau Gunung Tangkuban Perahu dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata alam. Terdapat tiga kawah besar yang kini menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara, yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas. Dengan pemandangan yang indah, kamu bisa berfoto sembari menikmati udaranya yang segar.

wisata lembang

Melihat Sunrise di Kawah Upas

Kawah Upas merupakah salah satu dari tiga kawah yang ada di Gunung Tangkuban Perahu. Di sini kamu bisa berburu sunrise karena merupakan spot terbaik untuk melihat matahari terbit di Bandung. Kawah Upas dikelilingi oleh pepopohonan yang rimbun. Pinggiran kawahnya pun tak disertai pagar pembatas.

Namun, terkadang kawah ini ditutup untuk umum. Jika kandungan gas beracun dari kawah meningkat dan membahayakan pengunjung. Kalau kamu ingin ke Kawah Upas, kamu bisa berangkat dari Parongpong selama kurang lebih tiga jam. Selama perjalanan, kamu akan menikmati hamparan perkebunan teh yang hijau.

Wisata lembang

Lokasi Berkemah yang Tepat

Selain menikmati pemandangan Gunung Tangkuban Perahu, di sini juga sering dijadikan sebagai tempat berkemah. Kamu bisa berkemah bersama keluarga atau teman dan sahabat sembari melepas penat dan menikmati aroma pohon pinus yang menyegarkan.

Kawah Ratu

Dari ketiga kawah, Kawah Ratulah yang paling terkenal dan menjadi spot foto yang instagrammable. Kamu tak perlu bersusah payah mendaki jika ingin ke Kawah Ratu. Karena lokasi ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Dengan luas kawah hingga 8.000 hektar, Kawah Ratu menjadi salah satu tanda keindahan alam. Kamu bisa melihat kawah berbentuk seperti mangkok yang amat besar dengan kepulan asap putih di bagian tengahnya. Namun, jangan sekali-kali mendekat ke arah kawah. Karena asap panas dan bau belerang yang menyengat bisa membahayakan nyawamu.

wisata lembang

Terapi Air Panas

Setelah lelah berkeliling di Gunung Tangkuban Perahu, kamu bisa melepas lelah dengan merendam kaki di Kawah Domas. Di sini terdapat sumber air panas yang mengandung belerang dan seringkali dijadikan sebagai terapi.

Belerang dipercaya sebagai salah satu terapi untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Jadi, tidak ada salahnya kamu mencobanya sembari menikmati alam sekitar. Lokasi Kawah Domas sekitar 1,2 km dari Gunung Tangkuban Perahu.

Gua dan Mata Air

Ada banyak hal menarik di Gunung Tangkuban Perahu, salah satunya Gua dan Mata Air di Cikahuripan. Di sini kamu akan menjumpai gua dengan panjang mencapai 12 meter dengan lebar 1 meter saja. Untuk memasuki gua ini, kamu harus membayar tiket Rp 1.000 saja.

Gua ini sering dijadikan sebagai tempat bertapa dan menaruh sesajen. Tempat ini pula yang sering dikaitkan dengan lokasi tempat mandinya Dayang Sumbi.

Fasilitas Lain

Sebagai kawasan wisata, Gunung Tangkuban Perahu menyediakan kios-kios yang menjual souvenir. Kamu bisa membeli souvenir sebagai kenang-kenangan dengan harga yang terjangkau. Di sini juga ada fasilitas umum seperti toilet, masjid, dan kantor polisi.

Sebaiknya, kamu menggunakan masker jika ingin berkunjung ke tempat ini karena bau belerangnya yang menyengat.

Berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Karena di sini kamu bisa menemukan suasana yang berbeda dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Jadi, kapan kamu akan berkunjung ke sini?

Posting Komentar