Sabtu, 08 Januari 2022

Dusun Bambu Menikmati Keindahan Alam Di Lembang

Wisata Alam Dusun bambu lembang

Di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, kamu akan menemukan destinasi wisata dengan konsep pedesaan yang sangat menarik untuk dikunjungi, Dusun Bambu.

Dusun Bambu menawarkan konsep wisata dengan kearifan budaya lokal khas Sunda. Dengan luas area 15 hektar, kamu akan dimanjakan dengan berbagai arsitektur khas berbahan bambu, juga pemandangan yang menyejukkan ketika mata memandang.

Wahana dan Fasilitas Dusun Bambu

Tidak banyak konsep wisata yang mengedepankan alam dan budaya lokal, satu di antara yang sedikit itu adalah Dusun Bambu. Hal inilah yang menjadi latarbelakang konsep dari wisata alam Dusun Bambu.

Berbagai kearifan tradisional dari masyarakat Sunda, mulai dari bangunan rumah adatnya, suasana pedesaannya, berbagai kuliner khasnya, hingga petuah-petuah bijaknya bisa kamu dapatkan di obyek wisata ini.

Dusun Bambu memiliki beberapa wahana atau fasilitas dengan konsep wisata alam yang sehat, beberapa di antaranya sebagai berikut.

Taman Arimbi

Taman Arimbi Dusun Bambu

Belum pernah kan bersepeda di tengah taman bunga lavender? Tapi di Dusun Bambu ada wahana seperti ini. Kamu bisa menaiki sepeda dengan rute berkelok-kelok di tengah taman bunga lavender. Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa untuk kamu.

Taman Arimbi dusun bambu

Panjang rutenya juga cukup menantang buat pesepeda amatir, sekitar 4 KM. Jika kamu ingin sekedar jalan-jalan atau jogging, kamu juga bisa melakukannya di sini.

Galeri Flora Indonesia

Galery flora indonesia dusun bambu

Sarana ini termasuk baru, kamu bisa menikmati cantiknya aneka flora dari berbagai wilayah nusantara. Tanaman hias ini bisa juga kamu beli, sehingga bisa jadi cinderamata menarik dari Dusun Bambu.

Lembur Urang

Memiliki arti “Kampung Halamanku”, lembur urang adalah wahana unggulan di Dusun Bambu. Area ini adalah miniatur dari pedesaan tradisional Sunda yang lengkap dengan berbagai informasi edukasi tentangnya.

Lembur Urang Dusun Bambu

Di lembur urang juga ada sarana edukasi seperti menganyam, membatik, dan menenun yang bisa kamu lakukan langsung ditempat. Ada banyak sekali nilai-nilai budaya Sunda yang bijak di lembur urang dan bisa kamu ajarkan ke buah hati.

Restoran Burangrang

Restoran burangrang Dusun Bambu

Berbagai menu masakan berat bisa kamu temukan di Burangrang. Mulai dari Sop Gurame Burangrang, Nasi Bakar Komplit, Nasi Ayam Betutu Bali, dan Sop Buntut Kuah. Bisa dibayangkan bukan bagaimana nikmatnya berbagai hidangan tersebut?

Restoran Purbasari

Restoran Purbasari Dusun Bambu

Lokasi yang berada di tepi danau, menjadi keunikan tersendiri jika kamu menjadikan restoran Purbasari sebagai wisata kuliner. Berbagai menu tradisional khas Sunda bisa kamu temui di sini. Seperti Sop Gurame Kang Epul, Hayam Geheng, dan sambal khas Nyai. Dijamin kerinduan kamu akan masakan Sunda akan terobati.

Odong-Odong

Dari pintu masuk ke lokasi wisatanya, kamu sebenarnya bisa jalan kaki sambil menikmati perjalanan dengan pemandangan kanan-kiri yang serba alam. Namun, jika kamu cukup lelah karena habis perjalanan dan perbekalanmu cukup banyak, kamu bisa menggunakan odong-odong yang telah disediakan gratis dari pengelola.

Taman Kelinci

Taman kelinci Dusun Bambu

Dusun Bambu juga menyediakan mini garden yang di dalamnya ada banyak kelinci. Lokasi ini sangat cocok untuk anak-anak. Mereka akan senang bermain di taman sambil ditemani oleh kelinci yang imut.

Protokol Kesehatan di Dusun Bambu

Walaupun saat ini kemunculan covid-19 sudah berangsur turun, namun semangat Dusun Bambu untuk menjaga kesehatan pengunjung masih tinggi. Hal ini bisa dilihat dari SOP (Standart Operasional Prosedur) yang dimiliki wisata ini, di antaranya:

wisata vaksin dusun bambu

1.       Pembelian tiket via online

2.       Melakukan pembatasan kapasitas pengunjung

3.       Selalu melakukan pengecekan suhu ketika pengunjung masuk

4.       Pengunjung melewati bilik disinfektan ozon

5.       Berbagai fasilitas seperti toilet, menu, dan tiket sudah tanpa sentuhan

6.       Penerapan jarak aman di lokasi ramai seperti restoran dan berbagai wahana

7.       Pembersihan rutin secara berkala

8.       Area yang luas sehingga meminimalisir terjadinya penyebaran lewat udara

Sangat menarik mengunjungi Dusun Bambu saat akhir pekan atau momen liburan panjang. Dusun Bambu adalah wisata berkonsep alam di Kabupaten Bandung Barat yang kami rekomendasikan buat kamu sekelurga. Hubungi (022) 8278 2020 atau 0815 6380 8021 untuk reservasi. Tempat wisata ini beroperasi mulai dari 09.30 – 17.30.

Related Posts