Lokasi Danau Cikoneng Bojongsoang Harga Tiket Masuk - SunjaID

 

Danau Cikoneng Bojongsoang

Danau Cikoneng Bojongsoang sejatinya bukanlah tempat wisata. Tempat ini merupakan tempat pengolahan limbah cair dari rumah tangga. Tujuan dari danau ini adalah untuk mengurangi jumlah limbah yang bisa mencemari air laut.

Namun, makin kesini, lokasi ini menjadi daya tarik tersendiri. Penyebabnya adalah pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat menakjubkan. Sehingga lama-kelamaan tempat ini dijadikan sebagai spot foto yang ciamik.

Danau Cikoneng Bojongsoang

Ada banyak hal menarik yang bisa diulas dari Danau Cikoneng Bojongsoang ini. Letak Danau Cikoneng Bojongsoang ini diapit oleh dua desa, yaitu Desa Bojongsoang dan Desa Bojongsari. Ada jalan setapak yang bisa dilalui oleh sepeda kayuh yang memisahkan dua danau.

Di jalan setapaknya ditumbuhi oleh pohon-pohon dan juga rerumputan. Sedangkan di sekitarnya tidak ada wahana atau fasilitas apa pun karena sejatinya tempat ini bukanlah tempat wisata.

Milik PDAM Tirtawening

Danau ini sendiri merupakan milik PDAM Tirtawening yang dikhususkan untuk pengolahan limbah. Sejak tahun 1992, danau ini sudah ada dan mulai beroperasi. Luas danaunya sendiri mencapai 85 hektar. Di sini, limbah diolah sehingga lebih ramah lingkungan dan menghasilkan banyak micro-algae. Itulah yang membuat danau ini berwarna hijau.

Spot Foto Instagramable

Akhir-akhir ini, danau ini tak hanya berfungsi sebagai penyetabil limbah rumah tangga saja. Akan tetapi juga menjadi spot foto yang instagramable. Selain melihat keindahan matahari terbit, area persawahan di belakang Danau Cikoneng Bojongsoang pun menambah daya tarik lainnya. Kamu bisa menyaksikan para petani yang sedang sibuk di ladangnya.

Agar kamu bisa menikmati pemandangan di sekitar danau, sangat disarankan untuk datang di saat cuaca sedang cerah.

Jalur Gowes Favorit

Untuk bisa masuk ke lokasi ini, kamu tidak bisa menggunakan akses pintu utama. Namun, kamu bisa melewati jalan yang dibuat khusus oleh penduduk sekitar. Ada biaya retribusi sebesar Rp 10.000 untuk bisa ke danau viral ini. Dan saat ini, Danau Cikoneng menjadi salah satu lokasi gowes favorit pengunjung.

Bahkan, pada akhir pekan tempat ini sangat ramai oleh pengunjung yang sengaja datang untuk menikmati keasriannya. Atau memanfaatkan momen sembari gowes. Karena, di sini masih minim penduduk sehingga masih sangat asri.

Kalau kamu tidak memiliki sepeda, kamu bisa menyewa sepeda yang disediakan oleh Dishub Bandung, yaitu Boseh (Bike on The Street Everybody Happy). Harga sewanya sangat murah, cukup bayar Rp 1.000 untuk satu jam pertama dan Rp 2.000 untuk jam berikutnya.

Kalau kamu dari perkotaan, kamu butuh menempuh jarak sekitar 10 km dari pusat kota. Kemudian, kamu akan melewati pemukiman warga hingga pada akhirnya bisa memasuki area danau ini.  

Wisata di Sekitar Lokasi

Selain healing di Danau Cikoneng, kamu pun bisa berkunjung ke tempat wisata yang letaknya tidak jauh dari sana. Misalnya saja Kampoeng Tulip. Wisata ini bernuansa ala Belanda yang banyak tumbuhan tulip di sekitarnya. Kemudian, ada sungai mengalir yang menambah keindahan suasana.

Tempat wisata yang satu ini cocok sekali bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga. Karena tempatnya yang pas untuk bersantai. Tiketnya pun terjangkau, hanya Rp 12.000 per orang. Sayangnya, lokasi ini kurang terawat sehingga air sungainya kotor dan sedikit berbau.

Demikian informasi singkat tentang Danau Cikoneng Bojongsoang. Demi menjaga kelestarian alam di sekitar danau, jangan membuang sampah sembarangan dan membuat kerusakan di lokasi tersebut agar keasrian dan keindahannya tetap terjaga.

Proof Code

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter