Apa itu Robo Advisor? Berikut ini keuntungan menggunakan Robo Advisor - SunjaID

 

Apa itu Robo Advisor Berikut ini keuntungan menggunakan Robo Advisor - SunjaID

SunjaID - Buat kamu yang sudah pernah berinvestasi menggunakan aplikasi khusus seperti Bibit misalnya, saat awal kali pendaftaran kamu akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan agar Robo Advisor bisa memetakan intrumen investasi yang tepat untuk kamu. Bagi kamu yang awam, mungkin masih bingung apa itu Robo Advisor.

Setiap aplikasi investasi pasti menggunakan Robo Advisor ini yang digunakan untuk kepentingan khusus. Untuk lebih jelasnya, baca informasi menariknya di bawah ini.

Apa Itu Robo Advisor?

Robo Advisor adalah sebuah robot yang dapat memetakan instrument yang tepat untuk kamu berdasarkan hasil jawaban dari pertanyaan yang sudah kamu isi di awal. Robo Advisor menggunakan algoritma khusus yang membutuhkan sedikit bantuan manusia atau bahkan tidak sama sekali dalam pengoperasionalannya.

Dengan Robo Advisor, kamu tidak memerlukan konsultan investasi untuk memetakan portofolio sebelum mengambil intrumen investasi. Portofolio investasi dirancang berdasarkan tiga hal utama, yaitu umur, profil resiko, dan juga tujuan investasi.

Untuk lebih jelasnya, Robo Advisor menggunakan 3 dasar sistem kerja, yaitu Auto Risk Profilling, Auto Financial Plan, dan Auto Rebalancing.

Auto Risk Profilling, nasabah akan diberikan survey atau pertanyaan yang harus dijawab pada platform investasi digital yang dipilih.

Auto Financial Plan, Robo Advisor akan memilihkan portofolio yang paling tepat untuk kamu sesuai dengan jawaban survey sebelumnya.

Auto Rebalancing, mempertahankan alokasi investasi untuk mengurangi resiko investasi semaksimal mungkin.

Keuntungan Menggunakan Robo Advisor

Tentu saja, kehadiran Robo Advisor dalam sebuah platform investasi digital membawa banyak manfaat bagi kamu sebagai nasabah. Apa saja manfaatnya?

Biaya yang Rendah

Sebelum berinvestasi kamu memerlukan penasihat keuangan agar kamu dapat berinvestasi dengan tepat sesuai dengan profil kamu. Namun, jika dibandingkan dengan penasihat konvensional, Robo Advisor dinilai lebih menguntungkan karena biayanya lebih murah.

Biasanya, Robo mengenakan biaya berdasarkan aset yang kamu miliki, yaitu sebesar 0,15% sampai 0,5% dari total aset yang kamu miliki.

Kegiatan Investasi yang Lebih Ringan

Jika menggunakan jasa penasehat keuangan konvensional kamu harus sering-sering berkonsultasi saat terjadi perubahan portofolio investasi, ketika menggunakan Robo Advisor kamu tidak perlu melakukannya.

Pasalnya, semua itu sudah dilakukan oleh Robo Advisor dan kamu akan lebih mudah untuk kembali berinvestasi. Apalagi, akses Robo Advisor tidak mengenal waktu, yakni 24/7 sehingga kamu bisa mengakses portofolio keuanganmu kapan saja.

Lebih Efisien

Dengan Robo Advisor kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Berbeda dengan penasehat keuangan konvensional yang harus melakukan janji temu terlebih dahulu. Kemudian kamu harus menjelaskan profil keuangan berikut dengan pengisian dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Namun, dengan Robo Advisor kamu tidak perlu melakukan itu semua. Karena kamu hanya harus mengisi survey dalam beberapa klik saja.

Tepat Sasaran

Menggunakan Robo Advisor sebelum berinvestasi juga dinilai lebih tepat sasaran. Karena kamu harus mengisi survey dengan sejujur-jujurnya sesuai dengan tujuan kamu berinvestasi. Produk investasi yang direkomendasikan oleh Robo pun tingkat keakurasiannya bisa mencapai 90%.

Tepat untuk Pemula

Saat ini semakin banyak masyarakat yang sadar akan investasi. Imbasnya, banyak investor pemula bermunculan. Nah, dikarenakan investor pemula masih sangat awam dan juga perlu banyak belajar, menggunakan Robo Advisor adalah pilihan yang tepat untuk meminimalisir kerugian dalam berinvestasi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Robo Advisor. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa platform investasi digital yang menggunakan Robo. Selamat berinvestasi!

Proof Code

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter