Kamis, 08 September 2022

Wisata Sejarah Daftar Museum Di Bandung Yang Bisa Dikunjungi, Info Dan Harga Tiket Masuk

 

SunjaID - Bandung dan sekitarnya memang cukup terkenal sebagai kota yang memiliki banyak destinasi wisata alam. Namun ternyata tidak hanya wisata berbasis alam yang ada di Bandung, ada wisata berbasis sejarah beberapa museum. Apa saja museum yang ada di Bandung, simak reviewnya di bawah ini.

Apa dan Seberapa Penting Wisata Museum

Jangan Lupakan Sejarah, sebuah pepatah yang wajib diketahui dan dipahami oleh kita dan generasi di bawah kita. Karena dengan mengetahui sejarah, generasi kita nantinya paham bagaimana bangsa ini dibangun.

Mengetahui sejarah sama halnya mengetahui faktor-faktor kesuksesan dan juga faktor kegagalan dari sebuah peristiwa bersejarah. Banyak hikmah yang bisa diambil ketika kita belajar akan sejarah. Hal positif bisa kita ambil dan jalankan, sementara hal yang negatif bisa kita tinggalkan dan pastikan tidak akan kita lakukan di kemudian hari.

Museum adalah salah satu tempat belajar akan berbagai sejarah suatu bangsa. Di museum juga kita bisa mempelajari bukti sejarah berupa relief, patung, dan sebagainya. Dan khusus untuk museum yang ada di Bandung, kita juga akan disajikan beragam informasi sejarah yang ada di Kota Bandung itu sendiri.

Museum Yang Ada di Bandung

Ada cukup banyak museum yang ada di Bandung, dan semuanya sayang untuk dilewatkan jika kamu berada di Bandung. Di bawah ini beberapa museum yang bisa kamu kunjungi di Kota Bandung.

Museum Gedung Sate

Museum yang pertama adalah yang terletak di Jl. Diponegoro No. 22, Citarum, Bandung Wetan. Museum ini cukup populer karena selain menyajikan beragam informasi sejarah dalam kemasan modern, kamu hanya cukup mengeluarkan biaya Rp 5.000 saja untuk tiket masuknya.

Beberapa teknologi mutakhir yang digunakan di museum ini antara lain augmented reality, interactive glass display, dan interactive 3D scale model. Dengan penyajian yang serba canggih ini, museum gedung sate sangat famous di kalangan remaja kekinian.

Museum Geologi Bandung

Ingin menambah wawasan soal fosil, bebatuan bersejarah, dan beragam peta geologi, kamu bisa mengunjungi museum yang satu ini. Lokasinya berada di Jl. Diponegoro No. 57, Cihaurgeulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

Tiket masuknya tidak kalah terjangkau dibandingkan museum gedung sate, hanya Rp 3.000 saja. Dengan harga tersebut, kamu bisa menikmati beragam replika hewan purba yang cukup mengesankan.

Museum Pos Indonesia

Pos adalah jasa ekspedisi tertua di Indonesia, sehingga sejarahnya sangatlah penting untuk dipelajari anak bangsa. Sebagaimana namanya, museum ini menampilkan benda bersejarah di bidang Pos seperti perangko bahkan sepeda yang digunakan para tukang Pos dari masa ke masa.

Untuk koleksi perangko juga tidak hanya yang digunakan dalam negeri, juga banyak koleksi perangko yang digunakan di luar negeri. Kamu dan keluarga bisa mengunjungi salah satu museum yang ada di Bandung ini di Jl. Cilaki No. 73, Citarum, Bandung Wetan.

Museum Zero Toys

Berikutnya adalah museum Zero Toys yang berdomisili di Jl. Sunda No. 39, Sumur Bandung, Kota Bandung. Jika kamu memiliki anak kecil, museum ini kami pikir wajib kamu kunjungi bersama anak-anak.

Koleksi berbagai mainan ada di museum ini, tetapi tentu saja mainan tersebut tidak untuk dibawa pulang.

Awalnya ini adalah tempat berkumpulnya para kolektor mainan dari berbagai daerah, namun pada akhirnya bersepakat menjadikan lokasi ini sebagai pusat koleksi mainan yang ada di seluruh dunia.

Demikian beberapa museum yang ada di Bandung. Kamu bisa menyempatkan untuk berkunjung bersama keluarga sebagai alternatif liburan yang ramah anak, menambah wawasan dan juga tentu saja harga terjangkau. 

Related Posts