Minggu, 02 Oktober 2022

10 Fitur Baru Terbaik di Windows Server 2016 Produk Yang Cukup Baik Dari Microsoft - SunjaID

 

10 Fitur Baru Terbaik di Windows Server 2016 Produk Yang Cukup Baik Dari Microsoft - SunjaID

SunjaID - Pada tahun 2016 muncul sebagai produk dari Microsoft yang cukup baik secara penerimaan pasar, yakni Windows Server 2016. Pengembangannya saat itu bersamaan dengan dikembangkannya Windows 10. Ada setidaknya 10 fitur baru terbaik di Windows Server 2016. Simak ulasannya di bawah ini.

10 Fitur Baru Terbaik di Windows Server 2016

Munculnya produk baru tentu diiringi oleh beberapa fitur baru yang menjadi keunggulan dari produk tersebut. Begitupun dengan Windows Server 2016 yang juga memiliki beberapa fitur baru terbaik. Di bawah ini secara ringkas kami uraikan 10 fitur baru yang ada dalam Windows Server 2016.

1.       Nano Server

Secara kemampuan sebenarnya antara generasi server core dengan nano server ini nyaris sama. Namun demikian kenapa Microsoft menelurkan nano server? Jawabannya adalah secara ukuran jauh lebih efisien dibandingkan dengan server core, bisa 20 kali lebih kecil.

2.       Hyper-V

Walaupun mengusung nama baru, sebenarnya konsep Hyper-V tetap mengusung rancang bangun sebelumnya, yakni menggunakan Hypervisor. Namun yang menjadi keunggulan adalah faktor keamanan yang lebih mumpuni.

3.       Windows Defender

Aspek keamanan terhadap serangan malware juga cukup menjadi fokus dalam pengembangan Windows Server 2016. Proses instalasi juga bisa default, tidak perlu lagi menggunakan software terpisah.

4.       Remote Dekstop Service

Membantu dalam efisiensi membuka GL 4.4 dan juga CL 1.1, sifatnya bisa menyempurnakan kinerja atau dari sisi stabilitas lebih bagus. Dan pastinya versi 2016 secara kualitas lebih baik di aspek ini, jika dibandingkan dengan versi 2012.

5.       Storage Migration Service

Fitur baru yang satu ini akan memudahkan dalam proses pemindahan server ke versi yang lebih baru. Semua proses pemindahan dibuat seefisien mungkin, tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya.

Beberapa kemampuan yang ditambahkan dalam kaitannya dengan migrasi server, meliputi memigrasi pengguna dan grup lokal ke server baru, mampu memigrasi penyimpanan dari kluster failover, dan lain sebagainya.

6.       Web Application Proxy

Sebuah fitur yang sangat berguna dalam hal merilis sebuah aplikasi, memperbanyak IP address, dan juga membantu mempermudah pengalihan dari HTTP ke HTTPS.

7.       Deteksi Anomali Disk Insights Sistem

Beberapa masalah pada disk terkadang sulit dilakukan deteksi dini. Pada Windows Server rilisan 2016 ini, ada fitur yang mampu melakukan deteksi untuk segala anomali yang terjadi pada Disk Insights Sistem.

8.       Deduplikasi Data

Sering juga disingkat dengan Dedup, memiliki fungsi mengoptimalkan ruang kosong pada media penyimpanan. Prinsip kerjanya adalah mengidentifikasi data-data yang sama, kemudian memberikan saran untuk mengeliminasi data yang duplikat.

Fitur ini kini tidak hanya berlaku di Windows Server 2016, tapi juga di edisi 2019 dan 2022. Juga ada di Azure Stack HCI versi 21H2 dan 20H2.

9.       PowerShell 5.0

Pengembangan fitur baru PS5 ini akan memberikan dukungan untuk mempermudah dalam proses penginstallan paket perangkat lunak yang kamu buat sendiri melalui Package Management.

10.   Manajemen Identitas yang Lebih Aman

Terakhir yang menjadi fitur baru terbaik Windows Server 2016 adalah dukungan keamanan yang lebih baik di berbagai aspek. Ada beberapa perbaikan di aspek Active Directory, Acces Management, mengisolasi rekening administrasi, dan beberapa hal lainnya.

Demikian informasi 10 fitur baru terbaik di Windows Server 2016. Kamu akan merasakan berbagai hal baru yang lebih unggul jika menggunakan produk Microsoft yang satu ini. Pastikan juga kamu menggunakan versi resmi atau legalnya, agar tidak mengalami masalah lisensi di kemudian hari.

Related Posts