Sabtu, 22 Oktober 2022

6 Cara Berinvestasi Saham Yang Baik, Belajar Investasi Saham Untuk Pemula

 

6 Cara Berinvestasi Saham Yang Baik, Belajar Investasi Saham Untuk Pemula - SunjaID

SunjaID - Di masa sekarang, investasi sudah menjadi hal yang diincar atau diminati oleh masyarakat terutama generasi milenial ke atas. Saham adalah salah satu jenis investasi yang kini mulai dilirik oleh segmen pasar kaum muda. Pada kesempatan ini, kami akan mengulas bagaimana belajar investasi saham untuk pemula.

Belajar Investasi Saham Untuk Pemula

Dilansir dari situs cimbniaga, sedikitnya ada 6 cara untuk bisa berinvestasi saham yang baik, dan ini sangat cocok buat kamu yang masih pemula di dunia saham.

Saham sendiri adalah varian investasi yang cukup menjanjikan, karena menawarkan imbal hasil yang cukup tinggi. Tetapi jika kita bermain saham tanpa dasar ilmu yang baik, maka bisa dipastikan bukan keuntungan uang didapatkan, malah kerugian besar yang akan menghancurkan masa depan.

Pahami ilmu dasarnya

Ini adalah langkah bijak sebelum terjun langsung di investasi saham. Pahami dulu hal-hal yang mendasar terkait saham itu sendiri. Pertanyaan seperti apa itu saham, mengapa harus investasi saham, seberapa profitnya, apa istilah-istilah yang ada di dalam dunia persahaman, dan berbagai pertanyaan filosofis lainnya.

Dengan memperbanyak wawasan terlebih dahulu tentang saham, sedikit banyak akan meningkatkan peluang kita untuk berhasil. Karena ibarat mau bermain catur, kita sudah mengetahui apa itu catur, fungsi dan karakter masing-masing bidak, dan bagaimana cara umum untuk memenangkannya.

Pahami analisis saham

Memahami terlebih dahulu bagaimana cara melakukan analisis terhadap pergerakan saham, adalah salah satu modal dasar yang perlu kamu kuasai. Bagi sebagian orang, pergerakan sulit untuk dipetakan bagaimana variabelnya, padahal jika kamu nanti mempelajarinya, ternyata ada variabel yang bisa kita petakan dan lakukan analisis terhadapnya.

Sudah cukup banyak para pialang saham yang mampu membaca variabel tersebut dan berhasil dalam investasi sahamnya. Kegagalan dalam melakukan analisis saham adalah faktor terbesar yang menjadi penyebab orang tidak sukses di bidang saham.

Lakukan transaksi bertahap

Banyak pemula di investasi saham yang impulsif dalam melakukan transaksi saham. Tergiur dengan keuntungan berkali lipat, kebanyakan mereka akan mengeluarkan dananya dalam jumlah besar secara langsung.

Padahal tetap saja semua jenis investasi memiliki faktor resiko, sehingga dimungkinkan jika kamu melakukan kegiatan di atas, kerugian besarlah yang akan kamu dapatkan.

Kamu perlu melakukan transaksi secara bertahap, artinya mulailah dengan modal yang minim sambil melihat bagaimana perkembangan dan pola pergerakan nilai saham. Kalaupun kamu melihat ada peluang mendapatkan keuntungan yang besar, tetap berilah batas maksimal kamu menambahkan modal untuk investasi saham.

Jangan menggunakan modal dari hutang

Biar bagaimanapun besarnya potensi keuntungan yang akan kamu dapatkan, bahkan jika itu memiliki prosesntasi 99% sekalipun, tetap jangan gunakan uang hutang sebagai modal untuk investasi saham.

1% potensi resiko masih dianggaplah sebagai resiko, dan jika ini terjadi, maka kebangkrutan yang akan kamu dapatkan. Sudah banyak sekali orang yang stres dan bahkan melakukan upaya bunuh diri karena terlilit hutang.

Sehingga baik dan bijaknya adalah menggunakan modal sendiri walaupun itu kecil. Dan andaikata belum ada modal, gunakan waktu yang ada untuk semakin meningkatkan wawasan terkait saham, sambil terus menabung uang untuk modal investasi saham.

Demikian tisp yang bijak buat kamu yang sedang belajar investasi saham untuk pemula. Semua instrumen investasi senantiasa diiringi oleh faktor resiko. Oleh karenanya bijaklah dalam memilih instrumen investasi dan bijak dalam mengalokasikan jumlah dana untuk investasi saham. 

Related Posts