Sabtu, 01 Oktober 2022

Butuh Aplikasi untuk Memudahkan Administrasi Usaha Ini Dia Software Akuntansi Gratis Untuk Usaha Kecil - SunjaID

 

Software Akuntansi Gratis Untuk Usaha Kecil - SunjaID

SunjaID - Tumbuhnya perkembangan UMKM haruslah diiringi dengan penggunaan perangkat atau aplikasi yang dapat memudahkan dalam proses usaha. Salah satu yang diperlukan oleh pelaku usaha kecil adalah software akuntansi. Di bawah ini akan kamu uraikan software akuntansi gratis untuk usaha kecil.

Software Akuntansi Gratis untuk Usaha Kecil

Dalam menjalankan bisnis atau usaha apapun, pengambilan keputusan seringkali tidak didasarkan pada data atau informasi terkait keuangan yang tepat. Hal ini dikarenakan banyak pelaku usaha yang tidak memiliki kemampuan dalam bidang akuntansi.

Padahal saat ini sudah cukup banyak aplikasi software akuntansi gratis untuk usaha kecil, yang tersedia di berbagai laman yang menggunakan keyword software akuntansi. Cara pengoperasionalannya juga cukup mudah dipahami. Di bawah ini beberapa software akuntansi gratis yang bisa kamu coba gunakan.

Jurnal.id

Sofware akuntansi gratis Jurnal.id atau dikenal juga dengan sebutan Jurnal by Mekari. Sebuah software akuntansi berbasis cloud, sehingga kamu tidak memerlukan proses penginstalan yang rumit pada komputer kamu.

Model cloud seperti ini akan memudahkan pelaku usaha dalam melakukan proses akuntansi. Kamu bisa melakukanya kapanpun dan di manapun hanya dengan menggunakan ponsel pintar. Dengan lebih dari 100.000 user yang mendownload aplikasi ini, Jurnal.id menjadi salah satu aplikasi atau software akuntansi yang cukup populer di masyarakat atau pelaku usaha.

Beberapa keunggulan yang dimiliki Jurnal.id bisa kamu simak di bawah ini!

·         Tampilan dashbord yang sangat sederhana, namun cukup lengkap fitur yang ada di dalamnya.

·         Fitur laporan keuangan yang membuat kamu mudah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan yang kamu bangun.

·         Memiliki fitur penghitungan pajak secara otomatis, di mana bagian ini biasanya sangat sulit dan butuh kefokusan jika dikerjakan secara manual.

Lamikro

Software akuntansi gratis untuk usaha kecil yang tidak kalah populer dengan Jurnal.id adalah Lamikro. Aplikasi ini sendiri diluncurkan langsung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Harapannya, Lamikro bisa menjadi aplikasi akuntansi gratis yang memudahkan para pelaku usaha kecil menengah dalam melakukan proses akuntansi. Dengan demikian progres usahanya terukur dan bisa dijadikan alat untuk menarik invenstor lebih banyak.

Beberapa fitur yang tersedia di Lamikro bisa kamu simak di bawah ini!

·         Entri Jurnal. Ini adalah pintu masuk utama dari semua pencatatan keluar masuk dari transaksi harian berdasarkan urutan kronologis waktu.

·         Daftar Jurnal. Akan menampilkan daftar seluruh transaksi berdasarkan jenis transaki yang diinput pada entri jurnal.

·         Laba dan Rugi. Fitur ini sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana hasil akhir dari sebuah usaha dalam kurun waktu tertentu. Laporan laba dan rugi bisa juga digunakan untuk menilai apakah usaha yang kamu jalankan mengalami progres yang bagus atau tidak.

Demikian dua software akuntansi gratis untuk usaha kecil yang bisa kamu gunakan. Baik Jurnal.id maupun Lamikro memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Kamu bisa mendownload dua aplikasi di atas melalui Playstore maupun Appstore. 

Jika usaha kamu memiliki pencatatan akuntansi yang baik, maka peluang untuk mendapatkan suntikan modal yang bisa mengembangkan usaha, akan terbuka lebar. Pihak eksternal tentu akan melihat bagaimana kesehatan keuangan dari usaha kamu, sehingga sangat penting kamu menggunakan software akuntansi.

Dari beberapa software akuntansi gratis untuk usaha kecil di atas, pilihlah salah satu yang menurut kamu memiliki kriteria sesuai kebutuhan kamu dengan mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing aplikasi.

Selamat mencoba!

Related Posts