Jumat, 28 Oktober 2022

Viral Jalur Gowes Cikoneng-Bojongsoang, Dengan Pemandangan Panorama Alam yang Langka

 

Viral Jalur Gowes Cikoneng-Bojongsoang, Dengan Pemandangan Panorama Alam yang Langka - SunjaID

SunjaID - Bagi kamu yang hobi berolahraga sepeda, pasti tahu dengan jalur bersepeda yang lagi viral, yakni jalur gowes Cikoneng-Bojongsoang. Jalur yang satu ini menyuguhkan pemandangan panorama alam yang langka, yang sangat sulit dijumpai di daerah perkotaan.

Lokasi Tepatnya

Bandung memang dikenal sebagai tempat rekreasi dengan pemandangan alam yang memukau. Dan yang lagi viral akhir-akhir ini di kalangan penikmat olahraga sepeda adalah jalur gowes Cikoneng-Bojongsoang.

Jalur sepeda ini di sebut jalur gowes Cikoneng-Bojongsoang dikarenakan memang lokasinya di pinggir jalan raya antara Cikoneng dan ke Bojongsoang. Dan lokasinya sekitar 10 Km dari pusat kota Bandung.

Dan sebelum kamu masuk ke track jalannya, kamu akan memasuki pemukiman warga yang cukup ramai. Dan tahukah kamu, kalau jalur ini sebenarnya masih satu kompleks dengan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Bojongsoang.

Kolam yang kamu lihat nantinya di samping jalur gowes, sebenarnya adalah penampungan air yang awalnya limbah menjadi air yang aman bagi lingkungan.

Untuk bisa sampai ke lokasi ini, kamu bisa menggunakan aplikasi maps dengan kata kunci IPAL Bojongsoang. Nanti kalau sudah dekat, kamu bisa bertanya ke warga sekitar untuk mengetahui lewat mana pintu masuknya. Karena pintu masuknya memang berada di antara pemukiman warga, sehingga bagi pendatang, pasti tidak akan tahu kalau tidak bertanya.

Panorama Alam Yang Bisa Kamu Lihat

Di jalur gowes Cikoneng-Bojongsoang, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam dan juga suasana yang memukau. Berikut di bawah ini beberapa panorama yang bakalan kamu rasakan.

Viral Jalur Gowes Cikoneng-Bojongsoang, Dengan Pemandangan Panorama Alam yang Langka - SunjaID

Jalur tanah ditengah rerumputan

Gowes di jalan aspal nan mulus, rasanya sudah biasa. Bagaimana jika gowes di jalan dengan permukaan tanah, juga berada ditengah rerumputan, pastinya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Hal di atas bakalan kamu temui di jalur gowes Cikoneng-Bojongsoang yang berada di kota Bandung. Kombinasi antara rerumputan dan juga beberapa pohon di samping kanan dan kiri jalur gowes, memberikan suasana yang menyejukkan, bikin kegiatan bersepeda makin mengasyikkan.

Danau yang menyejukkan

Selain rerumputan dan pepohonan, tepat disebelah jalur gowes ini terlihat juga pemandangan yang menyejukkan, yakni sebuah danau atau sebuah kolam besar.

Pantulan bayangan saat kita gowes menjadi keindahan tersendiri yang bisa kamu nikmati selama bersepeda di jalur ini. Hal ini karena lokasi kolam yang sangat berdekatan dengan jalur gowes, sehingga ketika pagi maupun sore hari, pemandangan ini akan nampak.

Warna danau ini terihat hijau, hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya yang kaya akan microalgae, yang menyebabkan warna kolam menjadi lebih kehijauan.

Dan kolam-kolam ini memiliki ukuran yang luas, sehingga banyak pengunjung yang sudah datang, memberikan kesan bahwa ini lebih tampak seperti danau. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik banyak penghobi sepeda yang ingin menjajal jalur gowes Cikoneng-Bojongsoang.

Pemandangan perkotaan yang nampak eksotik

Danau atau kolam-kolam di IPAL Bojongsoang ini cukup banyak, sehingga cukup luas juga. Luasnya area ini membuat jarak ke daerah pemukiman kota tampak jauh. Dan pemandangan ini akan tampak menarik saat sore hari menjelang matahari terbenam.

Menatap sebuah peradaban kota dari lokasi yang bernuansa perdesaan dan juga suasana yang menyejukkan, akan menjadi pengalaman yang unik. Kamu perlu mencoba track gowes ini karena bisa membuat beban psikologis karena pekerjaan di kota, jauh lebih ringan bahkan hilang.

Pemandangan gunung yang mempesona

Selain merasakan udara yang lebih segar dan pemandangan hijau dari rerumputan, kamu juga bisa melihat kemegahan gunung yang terbentang di salah satu sisinya.

Kamu akan benar-benar merasakan sensasi bersepeda di alam yang sangat terbuka. Dengan minim kebisingan dan polusi yang menjadi khas dari suasana perkotaan.

Pegunungan dan perbukitan ini menjadi latar paling favorit bagi para pengunjung untuk mengambil gambar atau foto. Banyak pesepeda yang memang memiliki motif untuk berfoto di lokasi ini degan latar belakang pegunungan yang cantik.

Jalur Lanjutan Cikoneng-Tegalluar

Jika kamu masih kuat mengayuh sepeda setelah jalur Cikoneng-Bojongsoang, kamu bisa melanjutkan ke jalur yang agak lebih jauh lagi, yakni Cikoneng-Tegalluar atau Jl. Mayang.

Kamu tidak akan rugi untuk melanjutkan perjalanan di atas, karena kamu akan disuguhkan pemandangan sawah nan asri, yang membentang luas.

Selain itu, lokasi jalur ini juga sangat minim penduduk, sehingga suasana alamnya lebih terasa kuat dibandingkan jalur Cikoneng-Bojongsoang. Dapat dipastikan kamu akan lupa kalau sedang gowes di daerah perkotaan.

Bagi kamu yang datang namun tidak membawa sepeda, padahal kamu ingin sekali menikmati pemandangan sambil gowes di jalur viral ini, kamu bisa menyewa sepeda terlebih dahulu.

Ada beberapa rental sepeda di pusat kota Bandung yang bisa kamu kunjungi terlebih dahulu. Atau bisa juga menyewa sepeda daeri Dishub Kota Bandung itu sendiri. Rental sepeda dari Dishub ini merupakan program Boseh (Buke On The Street Everybody Happy).

Tarif sewa sepeda dari program Boseh ini relatif terjangkau, untuk satu jam pertama, kamu hanya dikenakan tarif Rp 1.000 saja. dan untik satu jam berikutnya, tarifnya Rp 2.000 saja.

Pertanyannya, bagaimana cara kita menyewa sepeda dari Dishub ini? caranya cukup mudah teman-teman. Kamu cukup datang ke booth untuk registrasi terdekat dan membawa kartu identitas saja.

Untuk lokasi registrasi sendiri meliputi Alun-Alun Kota Bandung, Taman Cibeunying, Kiara Artha Park, dan seberang Museum Geologi). Pilih lokasi registrasi yang paling dekat dengan lokasimu.

Dengan membawa kartu identitas, kamu bisa melakukan resgitrasi dengan mudah. Kamu juga perlu melakukan top up terlebih dahulu dengan minimal Rp 10.000. untuk jam operasionalnya, booth ini buka mulai pukul 08:00 hingga 15:30.

Sepeda yang akan kamu gunakan ini nanti tipe single seat, artinya tidak bisa berboncengan dan memilki desain dan warna yang menarik, seain itu parkir sepedanya juga tertata sangat rapi. Ada cukup banyak jumlah sepeda yang disediakan di berbagai titik stasiun kereta di Bandung, jadi jangan khawatir jika tidak kebagian.

Jadwal registrasi berbeda dengan jadwal peminjaman sepedanya, kamu bisa melakukan peminjaman sepeda di jam 06:00 hingga jam 16:00. Lokasi peminjamannya di berbagai titik stasiun kereta api. Ini akan menjadi lokasi yang mudah sekali untuk diakses.

Jadi kamu bisa datang menggunakan kereta dari berbagai lokasi baik di Bandung maupun sekitarnya, lalu bersepeda ria di jalur gowes Cikoneng-Bojongsoang, dan setelah selesai kamu bisa kembali ke stasiun dan melakukan perjalanan pulang.

Selama stasiunnya buka, maka kamu bisa mengakses rental sepeda ini dengan mudah. Rekreasi olahraga  snatai memang lagi viral, jalur gowes Cikoneng-Bojongsoang ini suguhkan panorama yang langka di perkotaan. Bayangkan bisa menikmati olahraga di lokasi yang segar menyehatkan, di daerah yang selalu sibuk dengan berbagai aktifitas yang penuh dengan polusi.

Related Posts