Rabu, 23 Maret 2022

10 Tempat Wisata di Jogja dengan Pemandangan Alam yang Indah - SunjaID

 

Wisata Alam Jogja

SunjaID - Musim libur panjang identik dengan bepergian ke lokasi wisata. Dan salah satu lokasi yang dituju banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara adalah wisata Jogja. Banyak tempat-tempat menarik di Jogja yang bisa masuk daftar kunjunganmu saat liburan.

Wisata Jogja Yang Terkenal Dengan Pemandangan Alamnya

Kalau kamu masih bingung, coba cek daftar wisata Jogja di bawah ini.

1.       Geblek Menoreh View

Obyek wisata ini bisa kamu kunjungi mulai dari jam 07:00 – 19:00 WIB. Pemandangan di lokasi wisata Jogja yang satu ini didominasi oleh pemandangan bentangan sawah yang menyejukkan mata.

Geblek Menoreh View

Di sini, kamu bisa menyantap hidangan tradisional angkringan khas Jogja, dengan pilihan menu yang sangat banyak. Harga yang ditawarkan di menu-menu itu juga tergolong murah, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 8.000 saja.

2.       Obelix Hills

Wisata alam yang satu ini bisa kamu sandingkan dengan beberapa obyek wisata di daerah puncak. Karena sama-sama menawarkan suhu udara yang sejuk dengan pemandangan indah dari atas ketinggian.

Obelix Hill

Jam operasionalnya untuk hari Senin sampai Jumat di Obelix Hills adalah jam 10:00 – 22:00, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, bisa kamu kunjungi mulai jam 07:00 – 22:00.

Keunggulan dari wisata Jogja yang satu ini adalah banyaknya tempat atau lokasi berfoto yang sangat menarik, paling tidak ada sekitar 30 spot foto.

Kamu cukup menyediakan dana minimal Rp 15.000 per orang untuk tiket masuknya. Dijamin tidak bakal rugi karena saat malam hari nyala cahaya lampu yang disusun sedemikian rupa di Obelix Hills, akan membuatmu makin kagum.

3.       De Mangol

Selain Obelix Hills, Jogja juga memiliki obyek wisata yang berada di ketinggian, namanya De Mangol. Panorama perbukitan dan bahkan Gunung Merapi, bisa kamu lihat dari lokasi ini.

De Mangol

Kamu bisa mengunjungi De Mangol di jam 10:00 – 21:00 setiap harinya. Untuk lokasinya sendiri berada di Jalan Raya Patuk Ngoro-Ngoro, Gunungkidul, Jogjakarta.

4.       Tumpeng Menoreh

Beralamat di Desa Ngargoretno, Kulon Progo, Jogjakarta, Tumpeng Menoreh merupakan sebuah restoran atau tempat makan yang cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Tumpeng Menoreh

Restoran yang satu ini memiliki keunikan, karena bentuknya heksagon yang unik. Dari lokasi ini, kamu bisa melihat pemandangan dari 4 gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Kamu akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 50.000, namun itu bisa ditukarkan dengan menu makanan atau minuman. Mengunjungi Tumpeng Menoreh bisa mulai pagi, siang, sore, bahkan hingga tengah malam. Karena obyek wisata Jogja yang satu ini buka selama 24 jam.

5.       Taman Watu Cafe dan Resto

Menyantap hidangan yang enak sambil melihat panorama pantai yang indah, bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke Cafe dan Resto yang satu ini.

Taman Watu Cafe And Resto

Menu di dalam restoran ini didominasi kuliner laut seperti lobster, kakap, kerang, dan olahan ikan lainnya. Untuk jam operasionalnya mulai dari 09:00 – 19:00.

6.       HeHa Ocean View

Lokasi wisata yang satu ini dekat dengan Taman Watu Cafe dan Resto. Wisata Jogja yang satu ini menawarkan panorama laut yang memukau. Obyek wisata di Gunungkidul yang satu ini cocok buat yang hoby berfoto ria, karena banyak spot foto menarik.

HeHa Ocean View

Banyak fasilitas di obyek wisata HeHa Ocean View, mulai dari Food and Drink Stall, angkringan, mushola, toilet, taman, dan juga panggung buat hiburan musik.

Biaya yang harus kamu keluarkan sangat terjangkau, untuk makanan dan minuman di sini harganya mulai dari Rp 5.000. Sedangkan tiket masuknya hanya Rp 15.000 sampai Rp 20.000 saja tiap orangnya.

7.       HeHa Sky View

Obyek wisata Jogja yang satu ini sangat terkenal di kalangan anak-anak muda. Lokasinya satu komplek atau dekat dengan HeHa Ocean View dan Taman Watu Cafe dan Resto. Berada di ketinggian, sehingga bisa melihat view menarik di bawahnya.

HeHa Sky View

Dibuka mulai pukul 10:00 – 21:00 untuk hari Senin sampai Jumat, dan pukul 08:00 – 21:00 untuk hari Sabtu dan Minggu. Banyak fasilitas di HeHa Sky View yang merupakan spot foto yang menarik seperti, Sky Plane, Sky Bridge, Sky Glass, Sky Ballon, dan Sky Love.

8.       Bukit Pengilon

Lokasinya ada di pesisir pantai Gunungkidul, menawarkan dua panorama alam menakjubkan sekaligus yaitu bukit dan pantai. Sangat disayangkan jika tidak menikmati pemandangan mempesona ini lebih lama.

Bukit Pengilon

Kebanyakan wisatawan akan mendirikan kemah dan menginap di Bukit Pengilon, sehingga bisa menikmatinya lebih lama.

9.       Bukit Lintang Sewu

Berada di kawasan hutan pinus, wisata yang satu ini berkonsep camping. Kamu akan merasakan sensasi yang unik, yakni bersantai dan bermalam di dalam hutan pinus yang asri dan sejuk.

Bukit Lintang Sewu

Untuk biaya tiket masuk sangatlah murah, hanya Rp 5.000 saja per orang, untuk parkir motor Rp 2.000, sedangkan mobil Rp 5.000.

Obyek wisata ini juga ditunjang beberapa fasilitas yang bisa kamu jadikan lokasi selfie, seperti rumah terbalik, gardu dengan tempat tidur, dan spot selainnya.

10.   Goa Pindul

Jika di provinsi Jawa Timur ada Goa Akbar yang terkenal, maka di Jogja juga ada wisata Goa, salah satunya Goa Pindul. Tempat wisata ini ada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Goa Pindul

Pemandangan memukau di dalam Goa bisa kamu nikmati setiap hari mulai pukul 07:00 sampai 17:00.

Informasi Lain Tentang Wisata Jogja

Karena sangat banyak obyek wisata yang ada di Jogja, maka untuk menikmati beberapa obyek wisata secara maraton, kamu perlu memperhatikan rute yang efisien antar obyek wisata tersebut. Ini dia rute yang bisa kamu lewati untuk dapat menikmati banyak tempat wisata di Jogja sekaligus.

·         Candi Borobudur – Bale Raso – Lava Tour Merapi – Prambanan – Tebing Breksi.

·         Goa Pindul – Air Terjun Sri Gethuk – Kawasan Pantai Gunungkidul (termasuk HeHa Ocean View, dan lain-lain) – Bukit Bintang

·         Green Village Gedangsari – Bukit Bintang

·         Candi Borobudur – Ketep Pass

·         Goa Pindul – Air Terjun Sri Gethuk – Kawasan Desa Wisata Mangunan (meliputi Kebun Buah, Hutan Pinus, dan Panguk Kediwung)

·         Goa Pindul – Pantai Timang

·         Dan masih banyak rute lainnya

Untuk saat ini mungkin beberapa obyek wisata masih tutup atau penyesuaian karena pandemi covid-19. Kamu bisa mengecek informasi update operasional melalui customer service atau ke website masing-masing obyek wisata Jogja yang ingin kamu kunjungi.

Sedangkan untuk tempat wisata yang masih dibuka, tetap perhatikan protokol kesehatan demi keamanan dan kenyamanan bersama. Jangan lupa untuk menggunakan masker dan juga membawa handsanitizer ketika berwisata di tempat yang ramai.

Jadi ada kemungkinan dalam waktu dekat, semua obyek wisata Jogja akan beroperasi secara normal. Sehingga kamu bisa leluasa berwisata. Kamu pun perlu mempersiapkan waktu dan juga dana untuk menghadapi momen liburan panjang saat hari raya Idul Fitri yang akan datang.

Related Posts