Minggu, 31 Juli 2022

Cara Singkat Upload Wordpress Ke Hosting - SunjaID

 Cara Singkat Upload Wordpress Ke Hosting


SunjaID - Agar website kamu bisa diakses oleh para pengguna internet, maka tahapannya adalah memigrasikan Wordpress ke hosting. Jika kamu belum tahu caranya, maka kamu bisa melihat penjelasan cara upload Wordpress ke hosting di bawah ini.

Cara Upload Wordpress ke Hosting

Salah satu cara upload Wordpress ke hosting adalah dengan plugin, dalam kesempatan ini kami akan berbagi cara memindahkan dengan plugin bernama duplicator.

  • Install dan aktifkan plugin duplicator. Pertama-tama kamu harus masuk terlebih dahulu ke halaman dashboard admin Wordpress. Kemudian install plugin tersebut dan aktifkan.
  • Buat file duplicator. Buka plugin duplicator, klik item create new pada bagian atas plugin. Klik next, tunggu duplicator melakukan penegcekan teknis. Setelah tampil hasilnya, klik build.
  • Unduh file yang muncul. Akan ada dua file yang akan muncul, pertama berupa archive dan yang kedua adalah file installer.php. Klik di masing-masing tombol file tersebut untuk melakukan proses pengunduhan.
  • Upload file duplicator ke server hosting. Setelah file duplicator terbentuk, maka langkah beirkutnya adalah menguploadnya ke server hosting. Kamu bisa menggunakan file manager di control panel pada hosting kamu.
  • Restore file duplicator. Pertama-tama kamu perlu membuat database MySQL terlebih dahulu. Setelah membuat database dan mengupload file duplicator, akseslah file installer.php. Misal jika nama domain kamu adalah www.namadomain.com, maka alamat aksesnya adalah www.namadomain.com/Wordpress.installer.php.
  • Isi data. Masukkan semua informasi yang dibutuhkan pada tabel yang muncul. Beberapa item yang perlu diisi adalah Host, Name, User, dan Password. Pastikan kamu memilih connect and remove all data. Setelah proses berlangsung, pastikan juga kamu mengklik bagian I have read all warnings & notices, lalu klik Run Deployment.
  • Isi data kembali. Akan muncul lagi tabel data yang perlu kamu isi. Tabel ini berbeda dengan tabel yang ada di poin nomor 6 di atas. Item yang perlu diisi di bagian ini meliputi URL, Path, dan Title. Setelah mengisi semuanya, klik konfirmasi dan website kamu sudah bisa diakses.
Demikian tips cara upload Wordpress ke hosting secara ringkas. Ada beberapa cara yang lain, namun cara ini sedikit lebih sederhana, sehingga bisa kamu coba terapkan dengan mudah.

Related Posts